Beranda > Artikel > Hemat Energi Listrik

Hemat Energi Listrik

Hemat Energi Listrik

Pentingnya Kesadaran Hemat Energi

Keberadaan sumber energi dalam kehidupan kita dewasa ini telah menjadi kebutuhan yang sangat vital. Hal ini cukup beralasan, karena sektor ini menyangkut kebutuhan dasar masyarakat, sekaligus berfungsi sebagai input bagi keberlangsungan sektor lainnya. Seiring perkembangan berbagai sektor seperti Industri, jasa transportasi dan pelayanan umum lainnya energi listrik merupakan faktor yang mendukung setiap aktivitas.

Besarnya kontribusi sektor energi dalam kehidupan masyarakat tentunya berdampak pada tingginya volume penggunan energi listrik. Terlebih lagi dewasa ini sebagian besar alat bantu pekerjaan manusia, menggunakan listrik sebagai sumber energi. Pada sisi lain, peningkatan ketersediaan pasokan energi listrik tidak secepat pertambahan kebutuhan, sehingga terjadi ketimpangan antara supply dan demand, yang berakibat pada semakin melambungnya harga energi. Dalam konstelasi perekonomian nasional, kondisi ini sangat tidak menguntungkan, terlebih lagi dengan melambungnya harga minyak dunia yang semakin mengkhawatirkan.

Sebagai bentuk antisipasi, berbagai upaya konkrit telah dilakukan seperti gerakan penghematan energi. Namun demikian, hal ini masih belum mampu menghasikan perubahan yang signifikan, karena belum didukung oleh perubahan pandangan dan perilaku masyarakat dalam hal penggunaan energi. Menyadari dan memahami pentingnya energi bagi kehidupan masyarakat maka sudah saatnya bagi kita untuk mengoptimalisasikan peran masing-masing dalam rangka penghematan energi. Setiap orang seyogyanya turut mengambil peran semaksimal mungkin melalui langkah nyata penghematan energi, yang diiringi dengan kesadaran pentingnya hemat energi. D9

  1. 23 Juni 2010 pukul 14:18

    selain kesadaran diri, juga perlu dikembangkan energi alternatif seperti tenaga surya

  2. 23 Juni 2010 pukul 14:29

    Nahh, berati juga harus kurang-kurangi pemakaian komputer, TV, Kulkas, AC padahal lagi seru-serunya piala dunia, sambil minum eskopi….

  3. 9 April 2013 pukul 11:31

    Hello, Neat post. There is an issue together with your web site in internet explorer,
    could test this? IE still is the marketplace chief
    and a huge component to folks will leave out your great writing because of this problem.

  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: