Beranda > Pariwisata > Komodo bagian dari 7 keajaiban dunia

Komodo bagian dari 7 keajaiban dunia

Komodo, Taman Nasional KomodoTaman Nasional Komodo atau lebih populer dengan Pulau Komodo terletak di wilayah Wallacea Indonesia, diidentifikasi oleh WWF dan Conservation International sebagai prioritas konservasi global. Taman ini terletak antara pulau Sumbawa dan Flores di perbatasan Nusa Tenggara Timur (NTT) dan Nusa Tenggara Barat (NTB).

Di Indonesia Taman Nasional Komodo terbagi menjadi tiga besar pulau yaitu Komodo, Rinca, dan Padar, serta kepulauan yang lebih kecil seluas 603 km2. Ukuran total Taman Nasional Komodo saat ini 1.817 km2. Usulan ekstensi dari lahan 25 km2 (Banta Island) dan 479 km2 perairan laut akan membawa total luas permukaan sampai 2.321 km2. Taman nasional ini didirikan pada tahun 1980 untuk melindungi hewan Komodo disamping untuk melindungi spesies langka termasuk hewan laut lainnya.

Pulau Komodo merupakan rantai kepulauan Sunda Kecil dan bagian dari Taman Nasional Komodo. Secara administratif, kepulauan ini merupakan bagian dari Provinsi Nusa Tenggara Timur. Selain sebagai tujuan wisata populer yang terpenting dari pulau ini adalah melindungi hewan Komodo disamping untuk kegiatan penyelaman di sekitar perairan tersebut. Komodo adalah kadal terbesar yang hidup di dunia hingga saat ini, hewan ini merupakan sejenis biawak yang mendiami kepulauan tersebut dan beberapa pulau kecil di sekitarnya, maka dari itu sudah sepantasnya Komodo menjadi bagian dari 7 keajaiban dunia.

  1. 19 Mei 2010 pukul 20:40

    Jangan sampai lenyap dari negara kita!

  2. 19 Mei 2010 pukul 21:08

    Lestarikan Komodo kita

  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: