Beranda > Artikel, Pertanian Perkebunan > Manfaat Dari Pohon Kelapa

Manfaat Dari Pohon Kelapa

kelapa, sabut kelapa, coconut fiber, coir, tapas kelapa, industri sabut kelapaPohon kelapa dapat tumbuh hampir setiap daerah di Indonesia. Pohon kelapa memiliki banyak manfaat bagi kita, dari daun, batang hingga akarnya dapat dimanfaatkan untuk berbagai kebutuhan. Itu sebabnya dari pohon kelapa memiliki banyak kegunaan dan memiliki potensi nilai jual yang lumayan. Seperti dari buah kelapa, selain diolah menjadi minyak kelapa bisa juga dibuat menjadi makanan olahan. Negeri ini memiliki beragam jenis industri olahan dari pohon kelapa bahkan komoditas olahan dari pohon kelapa di Indonesia sangat berlimpah.

Selain produk minyak kelapa dan makanan olahan, manfaat lain dari sisa buah kelapa adalah sebagai kerajinan home industri seperti dari pemanfaatan sabut kelapa (coconut fiber) untuk kerajinan keset. coconut fiber atau coir merupakan serat yang diambil dari “bungkus” buah kelapa. Sabut kelapa juga memiliki kandungan garam abu yang tinggi sehingga baik untuk pupuk. Pengolahan serat sabut kelapa merupakan salah satu komoditi yang mempunyai pasar yang cukup potensial baik untuk pasar domestik maupun pasar ekspor. Kontribusi Indonesia terhadap kebutuhan serat sabut kelapa dunia masih minim. Sabut kelapa mempunyai keunggulan komparatif ditinjau dari aspek karakteristik fisika kimia yang tidak dapat digantikan oleh produk sintetis lainnya, dan mempunyai prospek untuk produk industri yang berorientasi ramah lingkungan. Industri serat sabut kelapa Indonesia menghadapi persaingan dengan negara produsen serat yang telah lebih maju sebelumnya baik dari segi perkembangan teknologi dan strategi pasarnya seperti Srilanka, India, dan Thailand.

Sebagai penghasil kelapa terbesar di dunia, Negara Indonesia berpeluang besar mendominasi pasar dunia yang selama ini dikuasai oleh India dan Srilangka. Sosialisasi tentang peluang pasar dan peningkatan kualitas produk diupayakan dapat mendongkrak kelesuan pasar selama ini. Diperlukan kerja sama yang solid antara pemerintah, pengusaha dan pengrajin untuk menambah devisa dan kesempatan usaha pertanian ditengah persaingan negara industri maju lainnya.

  1. Belum ada komentar.
  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s