Beranda > Hobi > Asal Usul Foto Warna

Asal Usul Foto Warna

Asal Usul Foto WarnaMenurut beberapa penelitian, semua warna merupakan efek rangsangan pada penglihatan kita, ini berarti bahwa warna-warna itu hanya akan nampak apabila ada cahaya yang jatuh pada suatu benda dan memantul ke retina mata kita. Cahaya tersebut dapat dihasilkan dari sumber alam seperti matahari, pantulan cahaya bulan atau cahaya buatan seperti lampu listrik dan lain sebagainya. Jadi pada dasarnya antara ilmu alam dengan ilmu fotografi memang ada keterkaitannya.

Sekitar tahun 1855 seorang ilmuwan bernama Clark Maxwell berhasil membuktikan bahwa segala warna dapat ditiru dengan mencampurkan warna Merah – Hijau – Biru (RGB) dalam jumlah dan berbandingan tertentu, walaupun sebelum Maxwell penelitian tentang efek warna telah dilakukan Young dan Helmholtz dalam bidang pengolahan warna tidak dapat diabaikan begitu saja. Pada tahun 1862, Ducos du Hauron dalam bukunya Solution Physique Du Probleme De La Reproduction Des Colours Pour La Photographie, telah menguraikan secara panjang lebar cara yang telah diuraikan oleh Maxwell. Dengan didasari pembuktian tersebut maka Maxwell-lah diperkirakan sebagai pencipta foto warna pertama di dunia dengan menyebutkan istilah Additive Colour Process sebagai proses pewarnaan dengan cara penambahan.

Sejarah fotografi warna memang ada keterkaitan dengan ilmu alam. Dilatarbelakangi pencampuran warna MERAH – HIJAU – BIRU hasil penelitian Clark Maxwell tersebut memang menorehkan sejarah hingga saat ini. Tanpa kita sadari penggunaan warna-warna tersebut hingga kini masih saja dipakai selain di bidang fotografi seperti pada layar TV, monitor komputer yang sedang kita pelototin juga menggunakan teori pencampuran warna tersebut.

Kategori:Hobi Tag:, ,
  1. 4 Juni 2010 pukul 13:02

    info yang menarik, foto warna ini tak lepad dari bantuan fisikawan

  2. 31 Agustus 2014 pukul 19:39

    hi!,I like your writing so a lot! percentage
    we keep up a correspondence extra approximately your article on AOL?

    I need an expert in this house to resolve my problem. May be that’s you!
    Having a look ahead to look you.

  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s