Beranda > Artikel, Kesehatan > Kesehatan Perlu Kesadaran Individu

Kesehatan Perlu Kesadaran Individu

logo bhakti husadaKesehatan merupakan karunia yang sangat berharga yang menjadi salah satu hak dasar manusia. Dalam pandandangan secara luas, kesehatan merupakan modal yang sangat berharga untuk menjalankan roda aktivitas kita sehari-hari. Beberapa faktor yang paling berpengaruh terhadap kualitas kesehatan adalah lingkungan, perilaku, perawatan kesehatan, dan faktor genetik. Bahkan perilaku kurang sehat seperti gaya hidup kurang teratur, pola konsumsi makanan yang tidak sehat, serta kurangnya kebiasaan berolahraga, sering menjadi penyebab timbulnya berbagai penyakit.

Seperti persoalan yang terjadi beberapa waktu lalu ketika Indonesia dihebohkan dengan mewabahnya virus flu burung dan flu babi sebagai Kejadian Luar Biasa. Tentu saja fenomena ini tidak boleh dianggap enteng, karena terkait dengan ancaman terhadap ketahanan masyarakat dan ketahanan bangsa pada umumnya. Oleh karena itu, sikap antisipasi harus tertanam, baik dalam konteks pencegahan datangnya penyakit, maupun membangun fisik dan mental masyarakat yang benar-benar tangguh. Bagaimanapun juga, pencegahan jauh akan lebih murah dibanding pengobatan.

Berkaca dari kejadian beberapa waktu lalu, maka dari itu diperlukan upaya bersama untuk menumbuhkan kesadaran kolektif masyarakat terhadap kesehatan, agar secara sadar, mandiri, dan terorganisasi bersama-sama mampu melakukan upaya pencegahan. Tentu saja persoalan ini membutukan kesadaran bersama, tidak hanya menjadi tanggung pemerintah semata, melainkan memerlukan peran serta dan partisipasi aktif masyarakat. Dengan demikian iklim kebersamaan harus dibangun dan dikokohkan melalui aksi-aksi nyata.

  1. Belum ada komentar.
  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s