Beranda > Artikel, Sosial Ekonomi > Remaja dan Badai Konsumerisme Global

Remaja dan Badai Konsumerisme Global

Setiap orang pasti selalu merasa kurang dalam segala hal. Apalagi dikalangan remaja sekarang, perasaan gengsi tumbuh berkembang karena kondisi lingkungan disekitarnya. Mulai dari cara berpakaian, memakai sepatu, aksesoris, peralatan elektronik seperti handphone Blackberry. Rasa gengsi dalam diri remaja memang lumrah dalam konteks perkembangan jaman, namun rasa gengsi tersebut jika terus diekploitasi akan berdampak buruk untuk kemudian hari.

Pada dasarnya setiap remaja ingin selalu eksis mengikuti trend terbaru alias up to date dalam setiap hal. Secara pribadi, setiap remaja ingin menonjoklan kelebihan yang dimilikinya. Wajar saja jika dampak dari semua itu semakin terpatri dalam kondisi saat ini, melihat perkembagan seperti itu tentunya setiap remaja akan lebih mudah tersapu badai konsumerisme global, yang lebih repotnya lagi tentu para orang tua. Keterbatasan ekonomi bagi sebagian orang tua untuk mengikuti keinginan putra putrinya akan menjadi beban yang kurang menyenangkan. Lebih parahnya lagi jika sang buah hati bersikap tidak peduli kondisi orang tuanya sendiri. Tentunya tak baik untuk kesehatan, justru akan mempengaruhi beban fikiran bagi orang tuanya.

Efek Konsumtif Bagi Para Remaja
Konsumerisme adalah paham atau gaya hidup yang menganggap barang-barang (kemewahan) sebagai ukuran kebahagiaan dan lain sebagainya. Gaya hidup konsumerisme sebenarnya akibat setiap individu kurang bisa memanajemen keinginannya masing-masing. Bagi sebagian dari kita yang kondisinya cukup berada dan mampu secara benteng finansial hal seperti ini tidaklah menjadi beban. Namun jika sebaliknya, ketika kemampuan orang tua kurang mencukupi dan buah hati tak peduli apalah mau dikata. Sifat konsumtif bisa diredam selama kita memiliki sifat selektif dan perlu pertimbangan.

  1. 21 Maret 2014 pukul 15:06

    Hello! I just wanted to ask if you ever have any trouble with hackers?
    My llast blog (wordpress) was hacked and I ended up losing months of hard work due to no backup.
    Do you have any methods to protect against hackers?

  2. 18 April 2014 pukul 05:35

    I am surе this piece of writing has touched all the internet people,
    its really really pleasant paragraph on building up new blog.

  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s