Beranda > Seni Budaya, Tips Trik > Tips Merawat Batik

Tips Merawat Batik

Kini batik nusantara telah diakui di dunia internasional, batik bukan hanya sebagai sebuah karya atau kreativitas semata namun sebagai aset bangsa yang perlu dijaga. Tak hanya sekedar fashion trend, batik pun dipakai oleh segala umur karena batik merupakan ekspresi identitas kepribadian bagi pemakainya. Jika batik merupakan aset bangsa yang perlu dijaga, bagaimana setiap individu menjaga aset batiknya agar tetap terawat dengan baik? Berikut ini tips merawat batik agar tetap terjaga:

1. Motif batik dapat dikategorikan menjadi motif batik cetak dan motif batik tulis. Dari segi ketahanannya motif batik cetak berkarakter lebih tahan dibanding batik tulis yang hanya menggunakan proses lilin untuk membuat motif pada kain batik tersebut. Sebaiknya pada saat mencuci batik tulis atau batik cetak upayakan agar tidak menggunakan mesin cuci, karena penggunaan mesin cuci yang berlebihan akan berdampak kain dan motif batik akan cepat kusam. Cuci batik anda secara manual, cukup dengan menguceknya dengan tangan.

2. Gunakan lerak sebagai bahan pencuci kain batik. Jika terpaksa menggunakan deterjen cuci, anda boleh menggunakannya sedikit saja.

3. Setelah kain batik dicuci dengan cara manual, ada baiknya kain batik tersebut segera digantung menggunakan hanger agar mendapat pengeringan secara alami namun tidak langsung menjemurnya dibawah terik sinar matahari karena kain dan warna motif batik tersebut akan cepat kusam.

4.Pada saat menyetrika bagian kerah, lapisi kain batik dengan kain pelapis lainnya agar tidak secara langsung terkena setrika yang panas karena dampak dari panas tersebut membuat kain batik anda cepat rapuh. Untuk kain batik yang berbahan dasar sutera sebaiknya cukup menggunakan dry clean saja.

Dengan tips praktis merawat batik tersebut semoga koleksi busana dan kain batik anda tetap terawat baik agar bisa digunakan dalam jangka waktu yang cukup lama. source: fashiontips

Kategori:Seni Budaya, Tips Trik Tag:, ,
  1. 5 November 2016 pukul 08:10

    This design is incredible! You obviously know how to keep a reader entertained.
    Between your wit and your videos, I was almost moved to start my own blog (well,
    almost…HaHa!) Excellent job. I really loved what you had to say, and more than that, how you
    presented it. Too cool!

  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s