Beranda > Kesehatan > Buah Delima Cegah Radikal Bebas

Buah Delima Cegah Radikal Bebas

Efek radikal bebas menjadi ancaman setiap orang dimana pun dan kapan pun. Ia membuat tubuh menjadi tercemar oleh racun yang berasal dari luar maupun dari dalam tubuh. Radikal bebas dapat dihasilkan dari hasil metabolisme tubuh dan faktor eksternal seperti asap rokok, hasil penyinaran ultra violet, zat kimiawi dalam makanan dan polutan lain. Penyakit yang disebabkan oleh radikal bebas bersifat kronis, yaitu dibutuhkan waktu bertahun-tahun untuk penyakit tersebut menjadi nyata. Contoh penyakit yang sering dihubungkan dengan radikal bebas adalah serangan jantung, kanker, katarak dan menurunnya fungsi ginjal. Untuk mencegah atau mengurangi penyakit kronis karena radikal bebas diperlukan antioksidan.

Seseorang membutuhkan antioksidan untuk membantu mengurangi efek radikal bebas yang disinyalir dapat memicu timbulnya beberapa penyakit berbahaya tersebut. Radikal bebas yang terdapat dalam tubuh masuk dengan berbagai cara, akan tetapi hal tersebut umumnya timbul sebagai akibat berbagai proses biokimiawi dalam tubuh, berupa efek samping dari proses oksidasi atau pembakaran sel yang berlangsung pada saat bernafas, metabolisme sel, olahraga yang berlebihan, peradangan, atau ketika tubuh terkontaminasi polusi lingkungan seperti asap kendaraan, asap rokok, bahan pencemaran, dan radiasi matahari.

Meningkatkan jumlah antioksidan dalam tubuh dapat dilakukan dengan mengkonsumsi buah, sayur, dan rempah-rempah. Jika selama ini hanya jeruk dan jambu biji dipercaya mengandung antioksidan tinggi, maka demikian pula dengan buah delima. Selain dapat membantu meningkatkan antikosidan dalam tubuh, buah delima juga memiliki banyak manfaat bagi tubuh. Sebut saja dapat digunakan sebagai bahan herbal membantu mengatasi penyakit seperti, nyeri lambung, disentri, meredam demam, antitoksik, meredakan batuk, dan lain-lain.

Dan bukan hanya dari buahnya, manfaat buah delima juga bisa didapat dari kulit buah, akar sampai bunganya. Buah delima juga enak untuk dikonsumsi. Tinggal belah dan ambil bagian biji yang dibungkus danging buah berselaput tersebut, masukan daging buah dan biji ke dalam blender. Setelah digiling dalam blender kemudian saring dan jus delima segar siap diminum. (KS)

  1. Belum ada komentar.
  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s