Beranda > Fotografi, Hobi > Teknik Memotret Hewan

Teknik Memotret Hewan

memotret hewan

foto burung

Memotret merupakan hobi yang menyenangkan, banyak sekali objek menarik disekitar kita yang dapat diabadikan dengan kamera, seperti memotret pemandangan, orang ataupun objek lainnya. Objek foto apa pun bisa diabadikan sesuai selera masing-masing. Memotret objek yang bergerak diperlukan teknik dasar untuk melakukannya. Seperti dalam pemotretan hewan, selain diperlukan kesabaran namun juga penguasaan teknis pemotretan yang baik, karena setiap tingkah laku yang lucu pada gerakan khas hewan merupakan cerminan sifat bawaan hewan itu sendiri, dan tentunya menarik untuk dijadikan sebagai objek foto.

Karya foto yang mengambil objek hewan dapat dikatakan menarik bila berhasil menangkap moment yang menyajikan tingkah laku khas pada hewan yang dipotret. Namun, terkadang moment yang ingin dipotret tidak sesuai dengan harapan, bisa karena gerakan hewan yang terlalu lincah, fokus tidak jelas, atau problem teknis lainnya sehingga hasil dari bidikan kamera kurang memuaskan. Untuk menghindari kendala ketika melakukan pemotretan pada hewan tersebut, beberapa persiapan yang harus dilakukan antaralain:

1. Dalam teknis pemotretan hewan di alam terbuka mungkin akan terkendala oleh beberapa hal teknis yang tidak terduga, kemungkinan tersebut bisa terjadi karena faktor pencahayaan dan objek pemotretan. Untuk menghindari kemungkinan-kemungkinan tersebut maka aturlah kecepatan rana kamera pada posisi kecepatan tinggi untuk ‘menghentikan’ gerakan hewan yang terlalu lincah, seperti memotret kucing yang sedang berlari. Pilih kecepatan rana 1/500 detik atau 1/1000 detik dengan bukaan diafragma f/5,6 sehingga akan menghasilkan fokus objek yang lebih baik.

2. Penggunaan film berkecepatan tinggi bisa menjadi pilihan lain ketika memotret objek bergerak seperti menggunakan film ASA 400 dan memilih bukaan yang kecil agar diperoleh ruang tajam yang luas. Namun hal terpenting dalam pemotretan hewan di alam terbuka diperlukan kesabaran dalam menangkap gerak khas setiap hewan yang hendak di foto. (AF)

  1. 12 Juni 2013 pukul 23:52

    excellent points altogether, you just received a brand new reader.
    What could you suggest in regards to your post that you made a few days ago?
    Any sure?

  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s