Beranda > Artikel, Pendidikan > Membaca dan Menulis Kreatif Sejak Dini

Membaca dan Menulis Kreatif Sejak Dini

Menumbuhkembangkan kebiasaan menulis dan merintis kebiasaan membaca sejak dini merupakan bagian dari kreatifitas pribadi. Kegiatan menulis merupakan salah satu keterampilan berbahasa. Dalam perkembangannya menulis memiliki fungsi yang lebih luas dan bukan hanya sekedar referensi fungsi bahasa semata.

Dalam intensitas hidup keseharian, seringkali menjadikan tulisan sebagai dokumentasi kegiatan yang telah dan akan terjadi. Bahkan dikalangan remaja pada umumnya, kegiatan menulis merupakan suatu kegiatan yang telah menjadi sebuah gaya hidup khususnya dalam hal pengaktualisasian segenap perasaan atau media curahan jiwa yang diformulasikan ke dalam bentuk cerita, puisi, ataupun karangan. Dengan demikian, keterampilan dalam menulis bukan hanya berkaitan dengan masalah komunikasi atau bahasa, tapi lebih dari itu, menulis dapat menjadi wahana positif bagi pengaktualisasian ekspresi khususnya para remaja.

Kegiatan menulis merupakan ciri peradaban sebuah bangsa. Hal ini tentunya menegaskan bahwa tulisan merupakan titik tolak penggalian sebuah sejarah peradaban manusia. Maka dari itu dengan adanya tulisan, kesinambungan sejarah serta proses transformasi pengetahuan senantiasa terjaga. Melalui tulisan, himpunan perkembangan dan pengetahuan dan teknologi seperti yang ada saat ini dapat diakomodasikan.

Istilah menulis kreatif dapat dipastikan bahwa hal ini memiliki tujuan yang jelas yaitu membangun pribadi yang kreatif. Kehadiran generasi dengan kepribadian yang kreatif tersebut diharapkan akan mempengaruhi kemajuan untuk kemudian hari. Karena tantangan di masa depan adalah pada sisi kreatifitas itu sendiri. Inspirasi tersebut tentunya perlu dikembangkan kembali, baik melalui transfer teori dan sharing pengalaman kepada generasi muda lainnya, hal ini penting untuk membangun pemahaman dan menggali ide kreatif sehingga mampu menjadi pribadi yang mandiri.

  1. Belum ada komentar.
  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s