Beranda > Artikel, Internet > Dunia Kini Semakin Datar

Dunia Kini Semakin Datar

Menumbuhkan minat belajar teknologi informasi sejak usia remaja merupakan salah satu sarana efektif dalam rangka pengembangan kemampuan setiap individu secara lebih luas. Kemajuan di bidang teknologi informasi dan komunikasi tersebut membuat dunia semakin datar dan nyaris tanpa batas. Realitas tersebut merupakan metafora yang menggambarkan dunia telah mengerucut ke dalam layar komputer, laptop maupun ponsel yang memiliki kemampuan untuk mengakses internet. Dengan internet, dalam hitungan detik kita dapat berselancar menjelajah dunia, mengakses apapun informasi yang dibutuhkan, serta menjalankan aktivitas lainnya secara online.

Keberadaan internet selain memiliki sejumlah dampak positif, dampak negatifnya pun mulai kita rasakan bersama. Maraknya pembajakan terhadap hak cipta, aktivitas kejahatan dunia maya (cyber crime) dan degradasi moral para remaja akibat mudahnya mengakses materi-materi informasi yang tidak sesuai dengan tingkatan usia, berita provokasi yang ditujukan terhadap golongan tertentu, dan lain sebagainya.

Menyingkapi permasalahan tersebut, dampak alih fungsi teknologi informasi diperlukan sikap bijak setiap individu dalam menyerap berbagai hal yang ada di internet. Bentuk filterisasi moral dan sikap bijak tersebut akan membentuk karakter remaja yang lebih berpendidikan secara ilmu dan berkeahlian dalam memanfaatkan teknologi informasi sehingga dampak negatif seperti praktek pornografi dan kejahatan ekonomi melalui internet dapat diminimalisasi. Namun demikian tidak akan mencapai hasil yang diharapkan, apabila tidak mendapatkan dukungan penuh dari segenap elemen masyarakat, terutama pengguna internet agar semakin arif dan bijaksana dalam pemanfaatannya. D9

  1. 3 Juni 2010 pukul 09:46

    Thanks buat sharingnya, sangat bermanfaat untuk inspirasi coretanku selanjutnya

    Promo !! Promo !! Internet Unlimited Bayar Sekali pakai sepuassnyaaa Klik disini

  2. 18 September 2010 pukul 13:01

    Ayo sukseskan gerakan berInternet Sehat!

    Sehingga kita dapat berfikir secara bijak untuk menyumbang kesempatan meraih masa depan yang lebih baik dan harmonis.

    Salam

  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s