Beranda > Pariwisata > Pariwisata, Tambahan Devisa Selain Minyak Bumi

Pariwisata, Tambahan Devisa Selain Minyak Bumi

Pantai Karapyak

Objek Wisata Pantai Karapyak

Indonesia memiliki beragam potensi wisata, seni, dan budaya, namun sebagian belum sepenuhnya dapat dikelola dengan baik. Pengelolaan potensi pariwisata memerlukan dana dan perencanaan terprogram yang pada pelaksanaannya memang sering terbentur berbagai kendala. Untuk itu pengelolaan sektor pariwisata diperlukan kerjasama berbagai pihak seperti antara pemerintah dan swasta. Karena pengelolaan objek wisata dapat menambah pendapatan atau devisa untuk pembangunan daerah.

Sektor pariwisata pada hakikatnya merupakan pembangunan yang bersifat multisektor. Dari pemanfaatan potensi objek wisata, ketersediaan infrastruktur yang memadai, Sumber Daya Manusia (SDM), sistem transportasi, pengamatan nilai-nilai budaya dan adat istiadat lokal, keamanan dan ketertiban, serta berbagai dukungan sarana dan prasarana yang menjadi bagian dari suatu promosi wisata.

Pariwisata merupakan industri yang strategis di masa mendatang, mungkin bisa jadi merupakan tambahan penghasil devisa selain dari minyak bumi. Kenyataaannya memang demikian adanya, disamping cadangan minyak bumi di negeri ini semakin menipis, industri pariwisata adalah potensi bisnis yang menjanjikan dimasa yang akan datang. Maka dari itu, potensi pariwisata yang dimiliki oleh suatu daerah memang harus dikelola dengan sebaik-baiknya agar menjadi sumber devisa yang menguntungkan bagi daerah tersebut. (D9)

  1. Belum ada komentar.
  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s