Beranda > Flora Fauna, Tanaman Hias > Tanaman Bunga Sepatu

Tanaman Bunga Sepatu

bunga sepatu

tanaman bunga sepatu

Bunga sepatu atau nama ilmiahnya Hibiscus merupakan tanaman bunga khas sebagai bunga tropis. Karakteristik tanaman ini mudah tumbuh pada kondisi iklim apapun dengan daerah penyebaran yang luas dari daerah yang hangat, panas sampai Mediterania. Bunga Sepatu sebagai tanaman semak tropis dengan tinggi mencapai tiga meter, memiliki percabangan rapat, daun mengkilap, muncul sepanjang masa berbentuk oval dengan ujung runcing. Pada bagian tepi daun dijumpai sedikit lekukan. Bila daun tersebut diremas akan mengeluarkan lendir.

Bunga Hibiscus Schizopetalus sedikit berbeda dengan h. Rosa Sinensis, atau kembang sepatu pada umumnya. Bunga berukuran lebih kecil dengan mahkota bunga yang berlekuk dalam sehingga tampak keriting, berwarna merah terang. Tangkai sari sangat panjang sehingga muncul menggantung di tengah mahkota bunga yang berlekuk dalam sehingga tampak keriting, berwarna merah terang. Tangkai sari sangat panjang sehingga muncul menggantung di tengah mahkota bunga yang terbuka penuh hingga sedikit melengkung ke arah luar. Bunga sepatu gantung lebih mudah layu dan gugur dari pada jenis lainnya.

Bunga sepatu tumbuh di tempat terbuka dengan sinar mantahari langsung sepanjang waktu sangat disukai. Selain itu dia juga menyukai iklim di daerah tropis yang relatif stabil. Apalagi bila ditunjang dengan persyaratan tanah yang ideal baginya. Jika masa berbunga sudah mulai berkembang perlu dilakukan pemangkasan pada ranting-ranting yang tidak produktif lagi. Pemangkasan bentuk perlu diterapkan pada pertanaman yang berfungsi sebagai pagar. Tinggi tanaman dipertahankan pada ketiggian 1-2 meter.

Stek batang yang telah mulai membentuk kayu dan cangkok pada ranting yang telah berbunga merupakan dua cara termudah untuk perbanyakan tanaman bunga sepatu. Permbentukan buah jarang terjadi secara alamiah, karena putik dan benangsari matang tidak bersamaan, selain itu letaknya sangat berjauhan, sehingga penyerbukan jarang terjadi. AR Foto: D9

  1. 17 September 2014 pukul 20:40

    You’re so cool! I do not believe I’ve read something like that before.
    So nice to discover another person with some genuine thoughts on this
    topic. Really.. thanks for starting this up. This web site is something that is required on the internet, someone with a bit
    of originality!

  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s