Beranda > Sosial Ekonomi > Pemuda dan Masa Depan

Pemuda dan Masa Depan

Pengertian Leadership adalah kemampuan seseorang untuk mempengaruhi orang lain, sehingga orang lain tersebut bertingkah laku sebagaimana yang dikehendaki oleh pemimpin tersebut. Dalam praktiknya kepemimpinan sering dibedakan antara kepemimpinan sebagai kedudukan dan kepemimpinan sebagai suatu proses sosial. Sebagai kedudukan, kepemimpinan merupakan hak dan kewajiban yang dimiliki seseorang atau suatu badan. Sebagai suatu proses sosial, kepemimpinan meliputi segala tindakan yang dilakukan seseorang atau sesuatu badan yang menyebabkan gerak dari warga masyarakat.

Kepemimpinan ada yang bersifat resmi formal leadership yaitu kepemimpinan yang tersimpul di dalam suatu jabatan. Ada pula kepemimpinan karena pengakuan masyarakat akan kemampuan seseorang untuk menjalankan kepemimpinan. Suatu perbedaan yang menyolok antara kepemimpinan yang resmi dengan yang tidak resmi informal leadership adalah kepemimpinan yang resmi di dalam pelaksanaannya selalu harus berada di atas landasan-landasan atau peraturan-peraturan resmi, sehingga cakupannya agak terbatas. Kepemimpinan tidak resmi mempunyai ruang lingkup tanpa batas-batas formal, karena kepemimpinan demikian didasarkan atas pengakuan dan kepercayaan masyarakat.

Kepemimpinan seseorang harus mempunyai sandaran-sandaran kemasyarakatan berbasis sosial, sesuai dengan lapangan kehidupan masyarakat yang pada suatu saat mendapat perhatian khusus dari masyarakat yang disebut cultural focus. Cultural focus dapat berpidah-pindah, misalnya pada suatu waktu pada lapangan politik, di lain waktu pada lapangan hukum, dan seterusnya. Apabila pada suatu saat cultural focus beralih, maka si pemimpin pun harus mampu mengalihkan titik berat kepemimpiannya pada cultural focus yang baru. (D9)

  1. 10 November 2015 pukul 03:24

    Excellent beat ! I would like to apprentice while you amend your site, how can i subscribe
    for a blog site? The account helped me a acceptable deal. I had been tiny
    bit acquainted of this your broadcast offered bright clear idea

  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s